Pemetaan Aset SMPN 6 Kota Bima dipandu oleh Calon Guru Penggerak Angkatan 6
Pada
hari rabu , 29 maret 2023 salah seorang guru penggerak angkatan 6 Kota Bima
dari SMPN 6 Kota Bima bernama Heti Yuniarti S.Pd melaksanakan implementasi
modul yang sedang dipelajari pada pendidikan guru penggerak. Implementasi ini
dimaksud untuk aksi nyata berupa pemetaan aset /modal yang dimiliki oleh SMPN 6
Kota Bima. Kegiatan ini diikuti oleh mulai dari unsur pimpinanan sekolah,
pengawas sekolah, guru, calon guru penggerak, dan komite sekolah. Kegiatan ini
dilaksanakan di ruang aula SMPN 6 Kota Bima. Acara tersebut telah dilaksanakan
mulai pada pukul 09.00 WITA dan berakhir pada pukul 10.30 WITA.
Kegiatan ini
dimulai dengan pembukaan oleh Kepala sekolah SMPN 6 Kota Bima, dilanjutkan
dengan pengarahan singkat oleh pengawas pembina, kemudian identifikasi
aset dan pemetaan yang dipandun langsung oleh Calon Guru Penggerak, Heti
Yuniarti, S.Pd. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk pemetaan aset yang
dimiliki oleh SMPN 6 Kota Bima. "Pemetaan aset merupakan awal yang penting
untuk dapat mengelola sumber daya secara optimal bagi pemanfaatan dan
pengelolaan program yang berdampak positif pada murid", kata Heti
Yuniarti. Kelas, lingkungan sekolah, dan masyarakat sekitar pada dasarnya
merupakan sumber daya yang dapat dikelola dengan baik berdasarkan kekuatan dan
potensinya masing-masing. Namun demikian, ketiganya juga menjadi sasaran
kebermanfaatan dari sumber daya yang ada. Implementasi
pengelolaan sumber daya akan berhasil apabila seorang pemimpin pembelajaran
melakukan pemetaan terlebih dahulu dengan mengidentifikasi 7 aset yang dimiliki
sekolah beserta strategi pemanfaatannya. Adapun ke 7 aset yang diidentifikasi
pada kegiatan ini adalah modal
manusia, modal sosial, modal politik, modal
agama dan budaya, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial.
Alhamdulillah walaupun kegiatan dilaksanakan pada bulan puasa peserta kegiatan sangat antusias sehingga kegiatan berjalan sesuai harapan. Pengelolaan sumber daya yang tepat membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas. Pemetaan kekuatan sumber daya yang dimiliki sekolah disesuaikan dengan kebutuhan murid tentunya sangat diperlukan untuk menjadi dasar pengembangan proses pembelajaran yang berpihak kepada murid. Pengelolaan sumber daya harus didukung oleh semua warga sekolah dengan ikut menjaga, merawat, dan menjadi tanggung jawab bersama terhadap pemakaian/penggunaan semua aset yang ada di SMP Negeri 6 Kota Bima. Semoga kita sebagai pemimpin pembelajaran masa depan selalu berpikir berbasis kekuatan/ aset sehingga kita dapat mengelola dan memanfaatkan aset sumber daya yang ada.